Kamis, 14 Oktober 2010

Bab 1.System infomasi dalam kegiatan bisnis saat ini

Bisnis amerika dan dunia saat ini sudah tidak biasa lagi.bisnis amerika menghabiskan $1,8 triliun untuk sistim infomasi yang meliputi peranti keras,peranti lunak serta per lengkapan telekomunikasidalam tahun 2006.selain itu mereka menghabiskan $1,7 triliun untuk jasa konsultasi manajemen dan bisnis sebagian besar meliputi perancangan kembali operasi bisnis untuk penggunaan maksimal dari teknologi baru tersebut .
Perubahan besar juga terjadi di pasar media. Lebih dari 35 juta orang membaca berita di Internet yang telah menyebabkan jumlah pembaca surat kabar terus menurun. 30 juta orang Amerika kini membaca blog, dan 8 juta orang menulis blog yang menciptakan ledakan penulis-penulis baru dan bentuk baru dari umpan balik pelanggan yang tidak terjadi lima tahun lalu (Pew,2005)
E-commerce dan iklan lewat internet mengalami ledakan. Pada tahun 2005, pendapatan iklan online Google telah melewati $6 miliar, dan terus meningkat setiap tahunnya sebanyak 30%.
Masuknya internet ke dalam system komunikasi internasional telah menurunkan biaya operasi pada tingkat global secara drastic. Pelanggan bisa berbelanja di pasar global, dengan harga dan informasi yang berkualitas handal selama 24 jam sehari. Hal ini membuat perusahaan dapat mencapai penurunan biaya mengejutkan dengan cara menemukan pemasok berbiaya rendah dan mengelola fasilitas produksi di Negara lain

Dimensi system informasi
Untuk memenami tentang system infomasi,anda harus memahami dimensi organisasi,manajemen,dan teknologi informasi yang lebih luas dari system dan kekuatan dimensi tersebut dalam memberikan solusi atas tantangan dan permasalahan dilingkungan bisnis.yang dipacu adalah pemahaman lebih luas atas system informasi ,termasuk pemahaman aspek manajemen dan organisasi dari system infomasi, Keahlian system infomasi termasuk pendekatan perilaku dan pendekatan perilaku dan pendekatan teknis untuk mempelajari system infomasi.sebliknya


Pendekatan kontenpoler terhadap system informasi
A.pendekatan teknisi
Pendekatan teknis tehadap system infomasi menekan model matematika untuk mempelajari system infomasi ,serta penekanan pada teknologi secara fisik dan kemampuan ari system tersebut.
B.pendekatan perilaku
Bagian penting system informasi melibatkan isu perilaku yang muncul dalam pengembangan dan pengolaan jangka panjang dari system infomasi.isu seperti integrasi bisnis strategis ,perancangan,implementasi,penggunaan,dalam manajemen tidak dapat dijelajahi.

Tiga aktivitas di dalam system informasi akan memproduksi informasi yang dibutuhkan organisasi untuk membuat keputusan, mengendalikan operasi, menganalisis permasalahaan, dan menciptakan produk baru. Ketiga aktivitas itu adalah, input, proses, dan output.
Input adalah suatu kegiatan merekam atau mengumpulkan data mentah dari dalam maupun luat organisasi. Pemrosesan (processing) mengubah data input mentah ini menjadi bentuk yang berarti. Output adalah kegiatan mengirimkan informasi yang telah diproses tersebut ke orang-orang yang akan menggunakan atau kepada aktivitas yang akan menggunakan informasi tersebut.
System informasi juga membutuhkan feed back, yang merupakan output yang dikembalikan ke anggota organisasi yang tepat untuk mengevaluasi dan mengoreksi tahapan input.
Penggunaan system informasi secara efektif memerlukan pemahaman dari organisasi, manajemen, dan teknologi informasi yang membentuk system tersebut. Sebuah system informasi membentuk nilai bagi perusahaan sebagai suatu organisasi dan solusi manajemen atas tantangan yang didapat dari lingkungan.
Studi system informasi merupakan bidang multidisipliner. Tidak ada satu teori atau pandangan yang mendominasi. Secara umum, bidang system informasi dapat dilihat dengan pendekatan teknis dan pendekatan perilaku. System informasi merupakan system sosioteknis. System informasi tetap membutuhkan substansi social, organisasi, dan investasi intelektual untuk bisa berjala dengan layak walaupun system ini terdiri atas mesin dan teknologi fisik.
Pendekatan teknis terhadap system informasi menekankan model matematika untuk mempelajari system informasi, serta penekanan pada teknologi secara fisik dan kemampuan format dari system tersebut. Disiplin ilmu yang berkontribusi adalah ilmu computer, metode kuantitatif, dan riset operasi.
Bagian penting bidang system informasi melibatkan isu perilaku yang muncul dalam pengembangan dan pengelolaan jangka panjang dari system informasi. Isu seperti integrasi bisnis strategis, perancangan, implementasi, penggunaan, dan manajemen tidak dapat dijelajahi dengan menggunakan model dari pendekatan teknis. Disiplin ilmu mengenai perilaku lainnya berkontribusi pada metode dan konsep penting. Pendekatan perilaku sebenarnya tidak mengabaikan teknologi, teknologi system informasi sering menjadi penyebab bagi permasalahan dan isu perilaku. Tetapi focus dari pendekatan ini umumnya bukan solusi teknisnya, dan sebaliknya pendekatan ini berkonsentrasi pada perubahan tingkah laku, kebijakan manajemen dan organisasi, dan perilaku.
\


PERTANYAAN




1. jelaskan tiga cara diamna system informasi manajemen dapat mengubah bisnis.
2. jelaskan bagaiman kuantitas dan perusahaan digital dan mengapa perusahaan digital sangat kuat saat ini ?
3. sebutkan dan jelaskan 6 alasan mengapa system informasi sangat penting bagi bisnis saat ini
4. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi ? kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan oleh sistem informasi ?
5. Apa perbedaan antara data dan informasi ?
6. Apa yang dimaksud dengan keahlian sistem informasi ? Apa perbedaannya dengan keahlian komputer?
7. buat daftar dan jelaskan dimensi organisasi,manjemen ,dan teknologi dari sistem informasi ?
8. Apa yang dimaksud dengan internet dan World Wide Web ? Bagaimana cara keduanya merubah peran yang dijalankan oleh sistem informasi dalam organisasi.
9. Apa tujuan dari sistem informasi dari perspektif bisnis? Peranan apa yang dijalankannya dalam rantai nilai informasi bisnis.
10. Mengapa bebrapa perusahaan bisa mendapatkan nilai yang lebih dari sistem informasinya dibanding dengan perusahaan lainnya, apa peranan aset komplementer dan modal manajemen dan organisasi?
11. Jelaskan perbedaan antara pendekatan perilaku dan teknis terhadap sistem informasi dalam hal pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan. Disiplin ilmu apa yang berkontribusi terhadap pemahaman atas sistem informasi ?







JAWAB





1. - Pada tahun 2005, lebih dari 40 juta perusahaan memiliki situs internet teregristrasi. Lima Juta orang Amerika membeli sesuatu di Internet setiap hari dan 19 juta lainnya melakukan riset produk di internet.
- Pada tahun 2005, FedEx mengirimkan hampir 100juta paket di AS, hampir semuanya menggunakan paket semalam sampai. Akibat hal ini, para ahli percaya kalau era siklus bisnis resesi besar-besaran telah lewat, digantikan oleh siklus bisnis yang memiliki kontraksi dan ekspansi yang lebih kecil dan pertumbuhan jangka panjang yang kuat.
- Perubahan besar juga terjadi di pasar media. Lebih dari 35 juta orang membaca berita di Internet yang telah menyebabkan jumlah pembaca surat kabar terus menurun. 30 juta orang Amerika kini membaca blog, dan 8 juta orang menulis blog yang menciptakan ledakan penulis-penulis baru dan bentuk baru dari umpan balik pelanggan yang tidak terjadi lima tahun lalu (Pew,2005)

2. Perusahaan digital adalah perusahaan yang memiliki hubungan penting terhadap pelangan , pemasok dan karyawan. Perusahaan digital sangat kuat saat ini , karena mereka lebih tanggap atas lingkungannya lebih cepat ketimbang perusahaan tradisional, selain itu perusahaan digital lebih fleksibel dalam mengatur tempat dan waktu karena pada perusahaan digital merupakan suatu norma.dalam perusahaan digital , setiap informasi yang dibutuhkan untuk menunjang keputusan bisnis utama tersedia setiap saat dan dimana saja.

3. Enam alasan sistem informasi sangat penting dalam bisnis
1. Sistem informasi merupakan dasar bagi jalannya bisnis saat ini
2. Dibanyak industri, kelangsungan hidup perusahaan sangatlah sulit tanpa penggunaan luas dari teknologi informasi
3. Sistem informasi menjadi penting dalam membantu jalannya perusahaan dalam ekonomi global
4. Semakin hari semakin terjadi perubahan dalam dunia ekonomi global.
5. Organisasi mencoba untuk lebih kompetitif dan efisien dengan mengubah dirinya menjadi perusahaan digital yang menggunakan teknologi digital dalam proses bisnis inti, hubungan pelanggan, pemasok, dan karyawan.
6. Bisnis saat ini menggunakan sistem informasi untuk mencapai tujuan utama organisasi: keunggulan operasional, produk baru, pelayanan dan model bisnis, hubungan pelanggan dan pemasok, meningkatkan proses pengambilan keputusan, keunggulan kompetitif dan kelangsungan hidup dari hari per hari

4. Sim adalah sekumpulan kompenen yang saling berhubungan, mengumpulkan atau mendapatkan, memproses, meyimpan dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi. dan membantu manajer menganilisis permasalahan.

- Kegiatan dalam system informasi :
1. input adalah merekam /mengumpulkan data mentah dari dalam atau luar organisasi.
2. proses adalah mengubah data input mentah menjadi bentuk yang berarti.
3. output adalah mengirimkan informasi yang telah diproses ke orang-orang yang menggunakan informasi.

5. Data dapat diperoleh dari media-media, contohya : Koran dan internet.
- data terdiri dari banyak kumpulan informasi .
- data juga dapat diperoleh dari penelitian dan perhitungan, contohnnya : data perhitungan mahasiswa EKM yang mengikuti acara SKAM.

Informasi adalah Ide/ pokok pikira yang bisa diberitakan dan untuk mengambil keputusan
- Tulisan : dapat diperoleh dari, misal pada Koran dan internet.
- Lisan : dapat diperoleh dari, contoh dari percakapan antara satu orang ke orang lain.

6. Keahlian sistem informasi adalah pemahaman lebih luas atas sistem informasi, termasuk pemahaman aspek manajemen dan organisasi dan sistem informasi, serta aspek teknis dari system. Sedangkan yang dimaksud dengan system keahlian computer : hanya berfokus terutama pada pengetahuan dari teknologi informasi

7. • Oganisasi
Sistem informasi merupakan bagian yang tek terpisahkan dari organisasi. Malahan bagi sebagian perusahaan, seperti perusahaan pembuat laporan kredit, bisnisnya tidak akan berjalan tanpa sistem informasi. Elemen kunci dari organisasi adalah orang-orang di dalamnya, struktur, proses bisnis, politik, dan budaya. Organisasi memiliki struktur yang terdiri atas tingkatan dan keahlian yang berbeda, struktur biasanya akan menggambarkan dengan jelas pembagian kerja. Wewenang dan tanggung jawab dalam perusahaan bisnis diorganisasikan sebagai suatu hierarki atau struktur piramida dari wewnang dan tanggung jawab yang semakin bertambah. Tingkat atas hierarti terdiri atas manajerial, professional, dan karyawan teknis, sedangkan tingkatan terendah terdiri atas pekerja operasional.

• Manajemen
Tugas manajemen adalah untuk berusaha memahami banyak keadaan yang dihadapi oleh organisasi, mengambil keputusan, dan merumuskan rencana kegiatan untuk memecahkan permasalahan organisasi. Para manajer melihat adanya tantangan bisnis dari lingkungan; mereka membuat strategi organisasi untuk merespons tantangan tersebut; dan mengalokasikan dan mengoordinasikan sumber daya manusia dan keuangan untuk bekerja sama mencapai keberhasilan. Umumnya, para manajer harus memiliki kepemimpinan yang bertanggung jawab. Sistem informasi bisnis yang dijelaskan dalam buku ini mengindikasikan harapan, impian dan realitas dari manajer sesungguhnya.

• Teknologi
Teknologi informasi adalah satu dari banyak alat yang digunakan manajer untuk menghadapi perubahan.
Peranti keras computer (computer hardware) adalah peralatan fisik yang digunakan untuk kegiatan input, pemprosesan, dan output dalam sebuah sistem informasi. Peranti lunak computer (computer software) terdiri atas detail instruksi program yang mengawasi dan mengoordinasikan komponen peranti keras dalam sebuah sistem informasi. Teknologi manajemen data (data management technology) terdiri atas peranti keras yang mengatur organisasi data pada media penyimpanan fisik. Teknologi komunikasi dan jaringan (networking and telecommunications technology), terdiri atas perangkat fisik dan peranti lunak, menghubungkan berbagai macam peranti lunak dan memindahkan data dari satu lokasi fisik ke lokasi lainnya. Jaringan (networking) menghubungkan dua atau lebih computer untuk berbagi data atau sumber daya seperti printer
.
8. - Internet adalah jaringan internal corporate berbasiskan teknologi internet.

- World Wide Web merupakan jasa yang diberikan internet yang menggunakan standard yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, membebtuk dan menampilkan informasi dalam sebuah format halaman internet.

- Cara keduannya mengubah peran yang dijalankan informasi adalah mempercepat arus informasi kepada pelenggan yang mengakses jaringan tersebut
.
9. - Tujuan dari perspektif bisnis adalah untuk membuat system informasi mengumpulkan , menyimpan dan menyebarkan informasi dari lingkungan , organisasi dan operasi internal untuk menunjang fungsi organisasi dan pengambilan keputusan, komunikasi, koordinasi ,pengawasan ,analisis, pengambaran .

- Peranannya adalah mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna melalui 3 kegiatan dasar yaitu input -> proses -> output. Peranan lain dari perspektif bisnis adalah memberikan solusi atas permasalahan atau tantangan yang dihadapi oleh perusahaan.


10. • Karena perusahaan yang memakai /menggunakan system informasi , lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang akurat ,cepat dan actual

•Peran asset-aset komplementer dan modal manajemen dan organisasi adalah : system informasi merupakan bagian dari urutan kegiatan menambah nilai untuk mendapatkan mengubah dan mendistribusikan informasi dengan tujuan meningkatkan proses keputusan yang akhirnya meningkatkan profitabilitas perusahaan .

•Peran modal ,manajemen dan organisasi tidak dapat memberikan nilai , jika tidak diikuti oleh manajemen yang baik.

11. - Dalam pendekatan teknis, disiplin ilmu yang berkontribusi adalah ilmu computer, metode kuantitatif, dan riset operasi. Sedangkan dalam pendekatan perilaku, disiplin ilmu mengenai perilaku lainnya berkontribus pada metode dan konsep penting.

- Pendekatan perilaku sangat berbeda pendekatan teknis. Pendekatan perilaku tidak mengabaikan teknologi, tetapi pendekatan ini berkonsentrasi pada perubahan tingkah laku, kebijakan manajemen dan organisasi, dan perilaku. Sedangkan pendekatan teknis menekankan model matematika untuk mempelajari sistem informasi, serta penekanan pada teknologi secara fisik dan kemampuan format dari sistem tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar