Kamis, 14 Oktober 2010

Bab 2. E-Busines Global : Bagaimana bisnis menggunakan sistem informasi

Proses bisnis dan system informasi

Agar dapat beroprasi,bisnis harus berhubungan dengan banyak bagian berbeda dari infomasi mengenai pemasok,pelanggan,karyawan,tagihandan pembayaran,dan tentu saja produk dan jasa mereka.

A.Proses bisnis
System informasi adalah proses meningkatkan bisnis yang terletak pada inti bisnis jadi penting untuk dimengerti.
Proses bsnis adalah arus kerja dari bahan baku,informasi,dan seperangkat aktifitas.
Proses bisnis juga mengacu kepada cara unik dimana manajemen memilih untuk mengoordinasikan pilihan pekerjaan

B.Efisiensi bisnis
Dua cara utamanya adalah meningkatkan efisiensi proses yang telah ada dan memungkinkan keseeluruhan proses baru yang memungkinkan merubah bisnis.


PERAN BISNIS DAN SISTEM INFORMASI

Bisnis harus berhubungan dengan banyak bagian berbeda dari informasi mengenai pemasok,pelanggan,karyawan ,tagihan dan pembayaran, dan tentu saja produk dan jasa mereka. sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk mengelola seluruh informasinya,membuat keputusan yang lebik baik, dan meningkatkann pelaksanaan proses bisnis mereka
PROSES BISNIS

proses bisnis merupakan seperangkat aktivitas yang berhubunagan secara logis yang menjelaskan bagaimana tugas bisnis tertentu dilaksanakan, dan bisnis dapat dipandang sebagai sekumpulan proses bisnis. Proses bisnis adalah aliran kerja yang konkret dari bahan baku, informasi, dan pengetahuan. Proses bisnis ini juga menunjukkan cara yang unik dimana perusahaan mengoordinasikan pekerjaan. Para manajer harus memerhatikan proses bisnis karena mereka menentukan seberapa baik perusahaan dapat menjalankan bisnisnya, sehingga menjadi sumberdaya yang potensial dari keberhasilan atau kegagalan strategi. Jadi perusahaan lebih fleksibel dan efesien dengan mengoordinasikan proses bisnisnya seara dekat, dan dalam beberapa hal mengintegrasikan proses ini sehingga berfokus pada manajemen sumberdaya dan layanan pelanggan efesien.
Pada setiap tingkat organisasi, sistem informasi mendukung area fungsional utama dari bisnis sistem penjualan dan pemasaran membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan produk dan jasa perusahaan, mengembangkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan jasa menjual produk dan jasa, dan memberikan dukungan pelanggan yang berkelanjutan. Sistem manufaktur dan produksi berhubungan dengan perencanaan, pengembangan, dan produksi barang dan jasa, dan mengendalikan aliran produksi. Sistem keuangan dan akuntansi menjaga data asset keuangan dan aliran dana perusahaan. Sistem SDM menjaga catatan karyawan,menelusuri kemampuan karyawan,kinerja dan pelatihan .
Ada empat jenis utama sistem dalam organisasi kontemporer yang melayani manajemen operasi, menengah, dan senior. Sitem yang melayani manajemen operasi antara lain sistem pemrosesan transaksi( TPS), seperti sistem penggajian dan pemesanan, yang melacak aliran transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalakan bisnis. SIM dan DSS memberikan laporan dan akses ke kinerja perusahaan saat ini dan catatan histories pada perusahaan. Kebanyakan laporan SIM memadatkan informasi dari TPS dan benar-benar bersifat anlitis. DSS mendukung keputusan manajemen ketika keputusan ini unik, berubah dengan cepat, dan tidak dapat dispefikasikannya dengan mudah sebelumnya. DSS ini memiliki analitis dan kemampuan anlisis data yang internal. ESS mendukung manajemen senior dengan memberikan data kepentingan terbesar pada pembuat keputusan manajemen senior, sering kali dalam bentuk grafik maupun diagram yang dikirim melalui portal. ESS memiliki kemampuan analitis yang terbatas namun dapat menggunakan peranti lunak grafis canggih dan berbagai sumber informal eksternal dan internal.
Aplikasi perusahaan, seperti sistem perusahaan, manajemen rantai pasokan, sistem manjemen hubungan ppelanggan, dan sistem manajemen pengetahuan, didesain untuk menujang koordinasikan dan integrasi proses keseluruhan organisasi sehingga organisasi dapat beroperasi secara efesien. Aplikasi ini mencakup berbagai fungsi dan mengintegrasikan proses bisnis internal perusahaan ke dalam sebuah peranti lunak sehingga informasi bias mengalir di sepanjang organisasi, meningkatkan koordinasi, efesien, dan pembuatan keputusan.sistem manajemen rantai pemasok untuk mengoptiamlkan perencanaan, pengadaan, produksi, dan pengiriman barang dan jasa manjemen hubungan pelanggan menggunakan sistem informasi untuk mengoordinasikan semua proses bisnis di sekitar interaksi perusahaan dengan pelanggannya untuk mengoptikan pendapatan perusahaan dan kepuasan pelanggan. Sistem manajemen pengetahuan membuat perusahaan dan mengoptimalkan penciptaan, pembagian, dan distribusi pengetahuan untuk meningkatkan proses bisnis dan keputusan manjemen





JENIS SISTEM INFORMASI BISNIS

Pada pandangan pertama sulit untuk mengerti seluruh system yang berdeda pada bisnis,dan lebih sulit lagi untuk mengerti bagaimana berbagai system tersebut berhubungan satu sama lain.
Situasi rumit ini digabarkan dengan melihat pada seluruh system yang berbeda ini dari dua sudut pandang berbeda:sudut pandang fungsional yang mengenali system berdasarkan fungsi bisnis utama.dan sudut pandang yang mengenali system sebagai kelompok organisasi utama yang lainnya.

A.Sistem dari sudut pandang fungsional
System ini terletak pada depertemen khusus,seperti akuntansi,pemasaran dan penjualan ,produksi,dan sdm

B.Sistem penjualan dan pemasaran
Sistem ini membantu manajemen senior untuk mengawasi pergerakan yang mempengaruhi produk baru dan kesempatan penjualan,mendukung perencanaan untuk produk dan jasa yang baru,dan mengawasi kinerja pesaing.

C.Sistem manufaktur dan produksi
System ini berhubungan dngan perencanaan,pengembangan dan pemeliharaan fasilitas produksi,penetapan sasaran produksi, pengadaan, penyimpanan, dan ketersediaan barang produkasi .

D.Sistem keuangan dan akunntansi
Fungsi dari system ini adalah mengelola asset keuangan perusahaan,seperti uang tunai,saham,obligasi,dan infestasi lainnya.

E.Sistem sumber daya manusia
Bertanggung jawab untuk menarik,mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar